Wednesday, January 6, 2016

Budidaya tanaman hias

BUDIDAYA TANAMAN HIAS


        

  Budidaya Tanaman adalah suatu proses memperbanyak/melestarikan tanaman agar tidak punah.
            Tanaman Hias adalah salah satu jenis tanaman holtikultura yang sangat penting di Indonesia.Tanaman hias mencakup semua tanaman baik tanaman yang merambat, semak, perdu ataupun pohon yag sengaja ditanam sebagai komponen taman, kebun rumah ataupun penghias ruangan.
                Indonesia sebagai negara tropis sangat banyak ditumbuhi berbagai jenis tanaman hias. Berdasarkan bagian- bagian tanaman , tanaman hias dapat dikelompokkan menjadi tiga:
1.       Tanaman hias daun
Adalah tanaman hias yang memiliki bentuk daun yang indah dan unik
2.       Tanaman hias bunga
Adalah tanaman hias yang memiliki bentuk, warna dan aroma bunga yang menarik
3.       Tanaman hias buah
Adalah tanaman hias yang memiliki betuk buah yang unik dan menarik
4.       Tanaman hias akar
Adalah tanaman hias yang memiliki betuk akar yang unik dan menarik
                Fungsi tanaman hias adalah sebagai tanaman pelindung dan menciptakan nilai estetika pada unsur yang digunakan. Usaha budidaya tanaman hias sangat berkembang saat ini karena memberikan keuntungan ekonomi pada pelaku usaha budidayanya.
                Tanaman hias dapat tumbuh sangat baiik diseluruh bagian wilayah Indonesia ini. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman terseebut sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor lingkungan terutama suhu. Pada daerah tropis pertumbuhan untuk tanaman sangat menguntungkan karena cukupnya intensitas matahari sepanjang tahun. Daerah pantai atau dataran rendah memiliki suhu yang lebih panas di bandingkan daerah pegunungan atau dataran tinggi.
                Berdasarkan ketinggian permukaan laut dataran dapat dikelompokkan menjadi:
·         Dataran rendah yaitu daerah yang mempunyai ketinggian kurang dari 400 meter diatas permukaan laut
·         Dataran sedang yaitu daerah yang mempunyai ketinggian  antara 400 samapai 600 meter diatas permukaan laut.
·         Dataran tinggi yaitu daerah yang memilki ketinggian lebih dari 700 meter diatas permukaaa laut
Saat ini tanaman hias telah menjadi komoditas perdagangan internasiaonal. Berbgai negara seperti Belanda, Prancis, Italia bahkan Indonesia sendiri memanfaatkan tanaman hias sebagai komoditas penghasil Devisa

Pemerintah melalui departemen pertanian telah menerbitkan dokumen norma budidaya yang baik dan benar  (good agricultural practices) untuk tanaman hias di berbagai negara sehingga diharapkan priduk budidaya tanaman hias di Indonesia dapat diterima oeh konsumen.Pedoman good agricultural practices mencakup hal – hal berikut:
1.       Princip traceability yaitu suatu produk dapat ditelusuri asal usulnya dari konsumen bahkan sampai ke kebun hasil produsi budidayanya.
2.       Lahan yaitu dengan pemilihan lokasi , riwayat lokasi, pemetaan lahan, kesuburan, penyiapan lahan, media tanam, pola pemanfaatan lahan, konservasi lahan  dan analisis dampak lingkungan
3.       Penggunaan benih dan varietas tanaman
4.       Penanaman
5.       Pemupukkan yang mencakup jenis pupuk, penggunaan pupuk, penyimpanan pupuk,komposisi dan pencatatannya
6.       Perlindungan tanaman yang mencakup prinsip perlindungan tanaman, perlindungan lingkungan, Pengendalian OPT, pestisida, penggunaan pestisida, pencatatan penggunaan pestisida, penyimpanan pestisida, pembuangan pestisida, dan analisi residu pestisida
7.       Pengelolaan/ pemeliharaan tanaman
8.       Penanganan pasca panen meliputi waktu panen, cara panen yag baik, sortasi dan grading, pengemasan dan pengepakkan, penyimpanan, penggunaan bahan kimia
9.        Keselamatan dan kesehatan pekerja
10.   Fasilitas sanitari
11.   Tempat pembuangan limbah


















0 comments:

Post a Comment