Wednesday, January 6, 2016

PENGELOMPOKKAN TANAMAN HIAS

Pengelompokkan tanaman hias
Beberapa contoh tanaman hias dikelompokkan berdasarkan bagian- bagian tanaman :
1.                                                                                                                     

   Tanaman hias daun
Aglonema/Sri Rejeki (aglaonema sp)
·         Keladi (Caladium bicolor)
·         Suplir (adiantum sp)
·         Kuping gajah (Anthurium sp)
·         Lidah mertua (sanseivera trifasciata)
·         Sirih gading (epipremnum aureum)
·         Spider plant (chlorophytum comosum)
2.      Tanaman hias bunga
·         Kembang sepatu (hibiscus rosa-sinensis)
·         Alamanda (allamanda cathartica)
·         Anyelir (dianthus caryphillus)
·         Adenium (adenium obesum)
·         Krisan (chrysanthemum morifolium)
·         Anggrek (dendrobium )
·         Dahlia
·         Tulip
·         Mawar
·         Bugenvile
·         Melati
·         Bunga air mata pengantin
3.      Tanaman hias buah
·         Tomat
·         Jeruk
·         Pisanng
·         Cabai hias
·         Kedondong
·         Kelengkeng





CIRI CIRI BERBAGAI JENIS TANAMAN HIAS
Suplir (adianthum)
Tanaman ini suka hidup di daerah yang teduh dan agak basah, Tanaman ini berkembang biak/memperbnyak diri dengan spora. Tanaman suplir memiliki ciri berdaun kecil, berdaun kasar, tangkai warnanya hitam mengkilat, kuat dan panjang.Tanaman ini umumnya banyak ditemukan di Belanda.
Anggrek (Orchidaceae)
            Anggrek sangat terkenal dengan warna- warnanya yang menarik sehingga sangat banyak dibudidayakan. Anggrek umumnya memiliki bunga yag besar dan hidup menumpang pada tanaman lain.Anggrek memiliki jenis yang bermacam- macam yaitu arachnis floaeris, sphathogglottis,phalaenopsis, arundina,phayus,vanda, dendrobium, cattleya.   
Dahlia
            Dahlia adalah tanaman yang mempunyai umbi di dalam tanah bunganya berbentuk bulat, daun bunnganya lebar. Dahlia dapat dibudidayakan dengan umbi atau bisa dengan cara memotong tuna syang keluar dari umbi.Dahlia meilki jenis yang beragam dintaranya yaitu Dahlia kakters, dahlia hias, dahlia piun, dan dahlia colerette. Setelah tanamn berbunga, daun –daunnya mulai menguning suatu tanda bahwa umbinya sudah bisa digali.
Teratai (Nymphaea lotus)
            Tanaman ini adalah raja dari semua tanaman air.Tanaman ini memiliki daun yang sangat lebar. Tanaman ini memiliki warna – warna yang indah seperti teratai merah, putih, ungu biru, dan merah pucat
Bunga sedap malam (Polianthes tuberosa)
            Tanaman ini sangat banyak disukai orang karena baunya yang harum. Selain itu tanaman ini juga tahan lama, mempunyai tangkai yang kuat dan panjang. Daun bunganya ada selapis dan ada yang berlapis- lapis. Tanaman ini berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh sangat baik pada daerah dataran rendah maupun daerah pegunungan atau kurang dari 1400 meter diatas permukaan laut.
Clerodendron
            Tanaman ini memiliki warna batang dan ranting hijau semu kelabu atau ungu tua. Daunnya berbentu oval, urat urat daun berwarna coklat. Daun bagian atas berwarna hijau tua sedangkan bagian bawah berwarna hijau muda, bunga kelopaknya berwarna putih, daun mahkota berwana merahtua, bentuk bunganya kecil2.
Kembang sari cina/ Tapak dara
            Berasal dari Amerika Tropis tingginya 30-80 cm, dan umurnya lebih dari setahun. Bisa hidup di daerah manapun baik taran rendah maupun dataran tinggi. Bentuk daunnya oval, bertangkai pendek dan mengkilat,seluruh bagia tanaman mengandung getah, bentuk bunga kecil dan mahkota berbentuk terompet, dengan ukuran bunga 2-3 cm
Alamanda
            Tanaman ini memiliki warna kuning yang cantik sekali,dan merupakan tanama bunga yang bisa mekar sepanjang tahun. Tanaman ini memiliki getah, memiliki bunga seperti terompet tapi agak pendek  dan dapat diperbanyak dengan cara stek dan juga biji. Sangat menyukai daerah yang panas dengan intensitas matahari yang banyak
           

























1 comment: