Tuesday, January 26, 2016

tanaman hias pada pot gantung



Tanaman Hias Pada Pot Gantung
             Banyak sekali penggemar- penggemar tanaman hias lebih suka memelihara tanaman hias dalam pot, karena dapat terlihat keindahannya secara langsung. Pot dapat terbuat dari plastik maupun tanah liat. Pot dari plastik lebih ringan tetapi tidak tahan lama, karena mudah pecah apabila kalau tanaman yang ditanam didalamnya sudah besar dan penuh. Pot  dari tanah liat lebih bagus dari pot plastik namun lebih berat

Pot gantung memiliki keindahan tersendiri bagi pencita tanaman hias . pot gantung bisa diletakkan didalam ruangan maupun di luar ruangan. Penyiraman tanaman pada pot gantung harus dilakukan dengan rajin kerena air didalam pot cepat kosong. Pemberian pupuk dilakukan dua kali setahun agar tanaman tumbuh dengan baik.











Berikut adalah beberapa tanaman yang dapat ditanam dalam pot gantung:
1.      Oplismenus Hirtellus
Termasuk dalam famili Graminae, berasal dari daerah yang beriklim tropis. Termasuk jenis rumput- rumputan yang hidup menjalar, tingginya 10-20 centimeter, mempunyai warna daun belang yaitu putih bergaris hijau, putih semu kesumba (dadu) dan hiaju. Tumbuh ditempat yang agak lembab. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara membagi- bagi rumpun induknya. Dapat juga dibudidayakan pada daerah dengan ketinggian 800 meter dari permukaan laut.

2.      Syngonium podophyllum albolineatum
Merupakan tanaman menjalar dari Amerika tangah, di Indonesia ditemukan di Bogor sebagai tanaman liar yang hidup ditepi- tepi selokan . Suka hidup pada daerah yang agak lembab. Bentuk dan warnanya tidaka kalah dengan caladium bicolor. Syngonium memilki dua warna yakni daun yang berwarna hijau belang dan hijau putih. Syngoniun  termasuk pada famili Aracae seperti talas atau keladi.Untuk membudidayakannya dapat dengan mengambil anak tanaman atau bisa juga di stek.

3.      Asparagus Sprengeri
Tanaman ini memiliki daun yang kecil- kecil, warna hiju atau jihau muda. Memiliki bunga- bunga yang kecil berwarna putih bunga ini memilki buah- buah yang kecil bulat berwarna hijau. Buah akan masak dan berwarna merah.Rangkain bunga dan buahnya lah yang menjadi daya tarik tanaman ini. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan biji. Tanaman menyukai tempat yang agak lembab.

4.      Zebrina Pendula
Atau di Indonesi dikenal dengan Sebrina saja. Sebrina dapat digantung pada tempat yang disinari matahari langsung. Tanaman ini termasuk jenis sulur –suluran. Memiliki daun yang bagus

5.      Polychroa repens Lour
Tanaman ini memiliki umur yang panjang, baik sekali ditanam dalam pot gantung. Termasuk tanamn yang menjalar dan meilikin cabang –cabang. Warnanya bagus, warna daun bagian tepi adalah coklat dan bagian tengah hijau muda.bentuk daun tidak sama. Bentuk daun dekat pucuk berukuran besar, dan daun paling bawah bentuknya hampir bulat, kecil. Memiliki bunga berwarna merah. Tanaman ini dapat ditanam pada dataran rendah dan daerah pada ketinggian 80 meter dari permukaan laut

6.      Episcia fulgida
Memiliki daun yang berbulu halus, warna daunnya hijau semu kopi, sedang urat- urat daunnya berwarna putih perak. Bunganya berwarna merah tua, berbentuk terompet, jarang yang menjadi buah. Dapat diperbanyak dengan cara stek  atau anakan

7.      Verbena hybrida hort
Termasuk pada famili Verbenaceae. Tanaman ini hidup menjalar pada tempat yang disinari matahari langsung. Sangat bagus diletakkan diluar ruangan atau pekarangan rumah. Warna bunganya ada yang putih, biru tua, kuning dan kesumba. Tanaman ini dapat diperbayak dengan cara stek. Atau dapat juga dengan membagi- bagi rumpun induknya.

8.      Petunia Hybrida hort
Memiliki bentuk bunga yang berbentuk corong dan memiliki banyak warna yaitu putih, merah, merah keunguan. Umur tanaman ini bisa sampai setahun dan memiliki bayak bunga. Sangat suka hidup pada daerah yang disinari matahari langsung, tanaman ini menghasilkan biji- biji yang halus. Tanaman dapat diperbanyak dengan biji.





1 comment: