Wednesday, January 20, 2016

Sarana Budidaya tanaman hias



SARANA BUDIDAYA TANAMAN HIAS
Agar budidaya tanaman hias dapat terlaksan adengan baik,harus tersedia sarana produksi tanaman. Secara umum sarana budidaya tanaman hias sama dengan sarana produksi tanaman lainnya. Sarana produksi budidaya tanaman hias terdiri atas alat dan bahan yang dibutuhkan. Bahan terdiri dari: media tanam, benih, pupuk, pestisida dan hormon pertumbuhan. Sedangkan alat budidaya tanaman hias terdiri atas: alat untuk mengolah tanah, pemeliharaan, panen dan pasca panen.
Berikut ini adalah bahan untuk budidaya tanaman hias
1.      Benih/ bibit
Benih/ bibit tanaman hias dapat diperoleh dari perbanyakkan tanaman dengan cara generatif dan vegtatif. Secara generatif berarti tanaman dapat diperbanyak dengan cara biji sedangkan perbanyakkan tanaman dengan vegetatif bisa dengan cara stek, cangkok,perundukan, dsb. Contoh tanaman hias yang diperbanyak dengan biji yaitu aglonema, kamboja, gelombang cinta,tanaman hias buah (jeruk, kelengkeng,jambu,mangga ). Contoh tanaman hias yang diperbanyak dengan cara vegetatif yaitu: Bougenvil atau bunga kertas, kamboja, bunga dolar

2.      Media tanam
Secara umum tanaman hias dibudidayakan dalam pot ataupun dalam polibag ditempat terbuka atau ternaungi di pekarangan rumah. Media tanam pot dapat berupa tanah yang dicampur dengan pupuk kandang atau berbagai media tanam siap pakai yang tersedia di toko sarana produksi pertanian.

3.      Pupuk
Pupuk adalah zat yang mutlak dibutuhkan tanaman hias. Pupuk mengandung zat hara yang bertujuan untuk membantu metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan tanaman. Pupuk merupakan bahan yang sangat penting dalam usaha membudidayakan tanaman hias. Tanaman hias sangat banyak membutuhkan pupuk untuk kesuburannya  terutama ketika tanaman sedang berbunga atau berbuah.

4.      Zat pengatur tumbuh
Zat pengatur tumbuh atau hormon pertumbuhan juga mempunyai peranan yang penting. Ada beberapa zat yag dibutuhkan untuk pertumbuhan misalnya untuk memrangsang buah/bunga

5.      Pestisida
Pestisida dapat digunakan untuk membunuh berbagai penyakit pada tanaman hias.
6.      Mulsa plastik
Yaitu plastik penutup media tanam
7.      Sungkup (plastik penutup bunga/daun)
Dapat dipakai ketika bunga sedang mekar dengan cara menutupkan palstik penutup pada tanaman hias tersebut.
8.      Polibag atau pot


0 comments:

Post a Comment