Tuesday, January 12, 2016

Tanaman hias dapat dijadikan sebagai obat



10 TANAMAN HIAS DI SEKITAR KITA DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI OBAT ,YAITU:
1.       Kembang pukul empat (Mirabilisjalapa)
Dapat digunakan untuk mengobati penyakit amandel
Caranya: Ambil 9-15 gram akar dari kembang pukul empat yang sudah di keringkan atau bisa juga 15-30 gram akar kembang pukul empat yang masih segar/basah.,lalu rebus akar tersebut kemudian digunakan untuk berkumur-kumur(tidak boleh dilakukan saat hamil dan untuk merebus tidak boleh menggunakan alat dari besi)

2.       Lidah Buaya (Aloe Vera)
Dapat digunakan untuk mengobati penyakit ambeien
Caranya: ambil ½ batang daun lidah buaya yang sudah dibuang durinya kemudian cuci sampai bersih lalu diparut. Tambahkan ½ cangkir air matang dan 2 sendok makan madu, lalu aduk dan saring.Minum airnya sehari sebnyak 3 kali.

3.       Tapak Dara (Chatarantus roseus)
Dapat digunakan untuk anada yang kekurangan darah/anemia
Caranya: ambilah 4 putik bunga tapak dara yang berwarna putih lalu direndam dengan segelas air, kemudian didiamkan selama semalam,kemudian diminun dipagi harinya.

4.       Tapak Dara (Chatarantus roseus)
Selain untuk penyakit anemia tapak dara juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit asma.
Caranya: ambil satu potong bonggol akar tapak dara lalu rebus dengan lima gelas air,minum airnya 2 kali sehari setiap pagi dan sore

5.       Kenanga (Canangium Odoratum)
Dapat digunakan untuk mengobati penyakit brokhitis
Caranya: ambil dua kuntum bunga kenanga direbus dengan segelas air sampai mendidih sampai air rebusan yang tersisa hanya setengah gelas saja, kemudian disaring lalu minum airnya secara teratur setiap pagi dan sore.

6.       Putri malu (Mimosa Pudica)
Dapat juga untuk mengobati penyakit Bronkhitis
Caranya: Ambil 60 gram akar putri malu dicampur dengan 600 cc air putih lalu rebus hingga matang sampai air rebusan tersisa 200 cc .bagi menjadi dua kali minum.
(tidak cocok diminum saat hamil).

7.       Sri Gading (Nyctanthes arbor)
Dapat digunakan untuk mengobati cacingan pada anak
Caranya: ambil daun bunga sri gading, lalu diperas sampai airnya sebanyak 1 sendok, lalu tambahkan sedikit madu dan garam. Minum malam hari ketika akan tidur.

8.       Seledri (Apium Graveolens)
Dapat  digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi
Caranya: Ambil daun seledri secukupnya lalu direbus hingga matang kemudian disaring.Minum secara teratur 3 kali sehari dengan takaran 2 sendok makan.

9.       Kaca Piring (Gardenia Augusta)
Dapat digunakan untuk mengobati gejala demam
Caranya: Ambil 7 lembar daun kaca piring ditambah dengan segelas air lalu diremas- remas kemudian saring. Campur dengan gula batu lalu aduk hingga rata, lalu airnya diminum.

10.   Melati (Jasminum sambac)
Dapat juga digunakan untuk mengobati penyakit demam
Caranya: ambil satu genggam daun melati ditambah 10 bunga melati lalu diremas-remas dengan tangan.Rendam dengan air di dalam pabci.Gunakan air rendaman untuk mengompres dahi.


Selamat mencoba...semoga bermanfaat








0 comments:

Post a Comment