Tuesday, February 23, 2016

TEKNIK BUDIDAYA ADENIUM (KAMBOJA)



Teknik Budidaya Tanaman Adenium


Berikut beberapa hal mengenai bunga adenium yang dapat menjadi referensi agar tanaman bunga adenium dapat tumbuh dengan baik.
Bunga adenium bukan termasuk bunga yang menyukai tempat lembab sebagai tempat hidupnya. Adenium akan tumbuh subur dan sehat jika ditempatkan di area yang terkena sinar matahari secara langsung. Jikapun bunga adenium ini seharian terkena terik cahaya matahari dia akan tetap dapat bertahan hidup.
Jauhkan adenium dari tempat yang lembab dan jarang terkena sinar matahari langsung. Seperti yang sudah disebutkan tadi, bunga adenium hanya akan tumbuh di tempat yang kering serta mendapat akses cahaya matahari yang cukup banyak.

PERSIAPAN BENIH

Dalam  proses pembibitan sebaiknya pilihlah tanaman yang sudah tua lalu potong bagian bijinya yang sudah matang. Keluarkan bijinya dan pilihlah biji yang besar, utuh dan telah kering sempurna untuk dijadikan benih. Semaikan benih pada media tanam yang berupa campuran tanah, kompos dan sekam.
Selain dari biji tanaman adenium juga dapat diperbanyak dengan cara stek. Tapi unutk menghasilkan bonggol yang bagus dan indah sebaiknya dipilih dari biji

PENANAMAN

Bibit yang sudah tumbuh atau sudah berumur seminggu bisa dimasukkan kedalam pot. Pilihlah pot yang bagus dan menariksebaiknya yang terbuat dari gerabah atau keramik. Hal ini nantinyaperlu diperhatikan kalau tanaman sudah besar dan mempunyai bonggol yang besar. Pilihlah pot penanaman yang kokoh sehingga tidak mudah pecah.lubang drainase dari tanaman ini juga diperhatikan yaitu harus besar dan banyak. Hal ini bertujuan untuk menjamin tidak adanya penyumbatan air yang nantinya akan merusak bonggol tanaman.

PERAWATAN

·         Proses penyiraman dapat dilakukan setiap hari
·         Pemupukkan dapat dilakukan dengan pupuk kimia seperti Urea, pupuk KCL, dan pupuk TSP. Pupuk tersebut dapat digunakan dengan cara melarutkannya kedalam air terlebih dahulu lalu disemprotkan ke tanaman adenium.

·         Untuk memusnahkan penyakit yag ada di tanaman ini dapat digunakan fungisida. Biasanya penyakit disebabkan oleh jamur yang menyerang permukaan daun. Yang gejalanya adalah adanya bintik cokelat pada permukaan daun yang lama kelamaan membuat daun menguning dan akhirnya rontok.



(dari berbagai sumber di internet)

0 comments:

Post a Comment