Tuesday, February 23, 2016

TEKNIK BUDIDAYA BOUGENVILE

TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN BOUGENVILE
Bougenvile atau dikenal juga dengan bunga kertas Termasuk kedalam family nyctaginaceae yang berasal dari Amerika Selatan. Bougenvile sangat cocok ditanam pada daerah tropis karena paparan sinar mataharinya sepanjang tahun. Bougenvile memiliki berbagai macam warna seperti merah, kuning, dan putih. Selain itu bunga bougenvile bisa disilangkan sehingga menghasilkan berbagai variasi warna yang menarik. Bunga bougenvile dapat beradaptasi dengan mudah terhadap jenis tanahnya.


PERSIAPAN BENIH
Dalam  proses pembibitan sebaiknya pilihlah tanaman yang sudah tua lalu potong bunganyabdan keringkan dibawah sinar matahari. Pisahkan biji dari bunganya dan pilihlah biji yang besar, utuh dan telah kering sempurna untuk dijadikan benih. Semaikan benih pada media tanam yang berupa campuran tanah, kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Biarkan benih tumbuh sampai memiliki 2 atau 3 helai daun
PENANAMAN
Bibit yang sudah tumbuh atau sudah berumur seminggu bisa dimasukkan kedalam pot. Masukkan tanaman dengan hati-hatiagar barang dan akarnya tidak rusak.
PERAWATAN
Perawatan bunga bougenvile sangat mudah yaitu:
·         Melakukan penyirama dua kali sehari
Siram tanaman pada pangkal akarnyasecara perlahan-lahan agar tanaman tidak mudah roboh karena masih kecil.
·         Lakukan pemupukkan setiap 2 minggu sekali dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos.
·         Potong beberapa cabang yang layu atau tumbuhnya kurang sempurna agar tanaman utaman dapat tumbuh dengan maksimal.
Perbanyakkan tanaman Bougenvile dapat dilakukan dengan cara stek batang, cangkok okulasi atau biji

PANEN DAN PASCA PANEN

Bunga Bougenvile yang sudah berbunga dan mekar dapat dipanen dengan menggunakan gunting atau pisau cuter,


Setelah dipanen bunga Bougenvile dimasukan kedalam wadah yang berisi air untuk menjaga kesegarannya, sebelum dijual atau dikemas 





(SUMBER: DARI INTERNET) 

0 comments:

Post a Comment